Jumat, 31 Maret 2017

Puting Payudara Gatal, Mungkin saja Ini Sebabnya

Untuk sebagian cewek, mungkin saja Anda pernah mendadak terasa puting payudara merasa gatal. Rasa gatal dapat berwujud enteng serta kronis.

Lantaran rasa gatal yg tampak tidak sama keparahannya, intensitas hasrat utk menggaruk juga dapat datang sesekali atau terus-menerus. Rasa gatal pada puting payudara ini dikarenakan oleh sebagian aspek, dapat karena akibat kulit kering atau yg paling kronis akibat kanker.

Walau paling menginginkan menggaruk, baiknya Anda waspada. Pasalnya, garukan yg terus-terusan itu dapat mengakibatkan kerusakan kulit. Kulit di sekeliling ruang payudara bisa memerah, pecah-pecah, menebal atau membengkak.

 Puting Payudara Gatal, Mungkin saja Ini Sebabnya

Sebagian penyebabnya lain gatal pada puting payudara yaitu :

Eksim.

Keadaan ini berbentuk kulit kering, gatal, bersisik, merah, hingga pecah-pecah, perdarahan serta pengerasan kulit. Eksim kerap diperparah oleh bakteri bernama staphylococcus aureus. Keadaan ini umumnya berjalan kronis atau periode panjang.

Kehamilan.

Payudara umumnya bakal jadi membesar waktu saat kehamilan. Peregangan ini bisa menyebabkan gatal-gatal dibarengi kulit megelupas.

Menyusui.

Persoalan umum yg sering menerpa ibu menyusui yaitu mastitis (infeksi pada jaringan payudara) lantaran peluang ibu menyusui alami penyumbatan air susu atau terekspos bakteri. Dua hal itu dapat menyebabkan mastitis. Infeksi pada jaringan payudara ini dapat membikin puting gatal, bengkak, merah dibarengi nyeri atau sensasi terbakar waktu menyusui.

Berolahraga.

Bila Anda teratur lari, mungkin saja rasa gatal dikarenakan oleh gesekan pada puting payudara dengan baju. Apabila dilewatkan bakal berjalan iritasi, luka, sampai puting pecah-pecah serta berdarah.


Kanker payudara.

Type kanker payudara yg meninggalkan rasa gatal pada puting yakni paget’s disease. Ini adalah type kanker payudara yg tidak sering berjalan. Sejalan gatal, tanda-tanda yg dikarenakan salah satunya yaitu kemerahan, tonjolan pada payudara, puting jadi rata, keluar cairan dari puting, dan pergantian kulit puting atau payudara.

Rasa gatal pada puting payudara bisa diperparah bila ruang itu bersentuhan dengan minyak wangi, sabun, dan pakaian yg terbuat dari wool serta serat buatan.

Tips Menangani Gatal Puting Payudara

Tips menangani gatal pada puting payudara bergantung dari pemicunya. Bila Anda alami eksim, dianjurkan utk melindungi kelembaban alami kulit dengan kurangi kontak dengan air serta pemakaian sabun. Utk penyembuhannya, keadaan ini umumnya diatasi dengan salep yg mengandungyang memiliki kandungan emolien serta steroid.

Untuk yg hoby berolahraga lari, Anda dapat menggunakan cream yang bisa membuat perlindungan puting dari gesekan seperti petroleum jelly. Atau dapat pula tempelkan plester medis pada puting.

Sedang untuk ibu hamil serta menyusui, Anda dapat kenakan bra yg terbuat dari katun hingga aliran hawa pada payudara lancar dan jauhi penggunaan sabun. Tips lain dapat dengan mengolesi puting dengan parafin putih lunak atau lanolin murni dapat juga dikerjakan manfaat menyembuhkan pecah-pecah serta perdarahan pada ruang itu.

Utk perlakuan selanjutnya, disarankan konsultasi ke dokter untuk terlepas dari penggunaan beberapa zat yang bisa membahayakan bayi Anda. Begitu halnya gatal pada puting payudara yg dikarenakan oleh kanker.

Selekasnya kunjungi dokter bila gatal pada puting payudara Anda tak kunjung lebih baik. Terutama seandainya keadaannya semakin lebih buruk seperti menyebabkan rasa nyeri yg kronis, puting terbalik (masuk kedalam), keluar darah atau cairan berwarna kuning atau cokelat, serta pergantian kulit mirip kulit jeruk.    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar